Materi Kelas X SMA Unggul Negeri 03 Palembang pertemuan ke 1



Mata Pelajaran             : Biologi
Kelas/ Semester           : X/ 1
Materi                           : Ruang Lingkup Biologi
Pertemuan                     : Pertama

    RUANG LINGKUP BIOLOGI
A. Biologi sebagai Sains
            Sains berasal dari kata scientia yang artinya pengetahuan.Sains merujuk pada sistem untuk mendapatkan pengetahuan melalui pengamatan dan eksperimen serta berbagai bidang ilmu yang bersifat ilmiah.
Sains memiliki karakteristik yaitu:
1.      Rasional artinya sains merupakan hasil kegiatan berpikir secara logis dengan menggunakan nalar yang hasilnya dapat diterima nalar manusia.
2.      Objektif, sains merupakan kebenaran aapa adanya karena didasarkan atas data- data dan tanpa pengaruh pendapat atau pandangan pribadi.
3.      Empiris, sains dapat dibuktikan dengan pengamataan, penelitian atau eksperimen.
4.      Akumulatif, sains dapat dibentuk berdasarkan teori lama yang disempurnakan, ditambah atau diperbaiki sehingga semakin sempurna.
Biologi berasal dari dua kata bahasa Yunani, yaitu bios dan logosyang artinya hidup dan ilmu.Jadi secara sederhana biologi adalah ilmu tentang segala hal yang berkaitan dengan hidup dan kehidupan.Biologi sebagai salah satu sains mengkaji berbagai persoalan yang berkaitan dengan berbagai fenomena pada makhluk hidup.Selain itu, dalam biologi anda dapat mengkaji berbagai tingkat organisasi kehidupan dan interaksi dengan lingkungan.
Contoh Objek permasalahan Biologi pada Tingkat Organisasi kehidupan.

B. Tingkatan Organisasi Kehidupan
1. Tingkat Molekul
Pada pelajaran kimia, kita mengenal istilah atom. Beberapa contoh atom antara lain atom karbon, hidrogen, oksigen dan nitrogen. Atom-atom tersebut kemudian berikatan membentuk molekul, contohnya: atom oksigen dan hidrogen bergabung membentuk molekul air. 
Gambar 1. Molekul Air
Molekul organik sering disebut juga sebagai molekul biologi.Ada 4 kelompok utama molekul organik yang dibutuhkan oleh makhluk hidup yaitu karbohidrat, lemak, protein dan asam nukleat.
1)      Karbohidrat
Karbohidrat merupakan senyawa yang mengandung unsur karbon, hidrogen, dan oksigen.
2)      Lemak
Lemak merupakan persenyawaan antara asam lemak dan gliserol. Lemak mempunyai beberapa fungsi antara lain sebagai sumber energi terbesar, pelarut vitamin (vitamin A, D, E, dan K), sumber asam lemak esensial dan penyebab lamanya pengosongan lambung sehingga memberi rasa kenyang lebih lama.
3)      Protein
Protein terdapat dalam semua sel hidup, mengandung unsur karbon, hidrogen, oksigen dan nitrogen. Protein dibedakan menjadi dua, yaitu protein hewani dan protein nabati.
4)      Asam nukleat
Asam nukleat merupakan polimer besar dengan ukuran yang bervariasi antara 25.000 – 1 miliar. Fungsi penting asam nukleat adalah menyimpan, mentransmisi dan mentranslasi informasi genetik. asam nukleat ada 2 jenis yaitu DNA ( Deoxyribonucleic acid) dan RNA (Ribonucleic acid).


2. Sel
Sel adalah satuan (unit) kehidupan terkecil dari makhluk hidup. Contoh: Sel Hewan dan Sel Tumbuhan.
Gambar 2. Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

3. Jaringan
Jaringan adalah kelompok sel yang sejenis, memiliki bentuk dan fungsi yang sama dalam tubuh makhluk hidup multiseluler. Contoh: jaringan epitel, jaringan otot, jaringan tulang  pada hewan dan jaringan epidermis, jaringan meristem, jaringan pengangkut pada tumbuhan.

Gambar 3. Jaringan Tumbuhan

4. Organ
Organ adalah kelompok jaringan yang bersatu dan bekerja sama yang menjalankan fungsi tertentu. Contoh: otak, usus, lambung, paru-paru, jantung, dan lain-lain. Organ juga merupakan struktur yang terbentuk dari beberapa jenis jaringan yang berkerja sama untuk menjalankan fungsi tertentu. Misalnya : jaringan saraf dan jaringan ikat menyusun organ otak dan berkerja sama untuk melaksanakan fungsi koordinasi. 
Gambar 4.Otak Manusia

5. Sistem Organ
Sistem organ adalah gabungan dari organ-organ yang bekerja sama untuk membentuk suatu sistem dalam kehidupan. Contoh: sistem pencernaan terbentuk dari kerja sama organ mulut, kerongkongan,organ lambung, usus halus, usus besar, hati, pankreas dan usus 12 jari dan sistem koordinasi dan indera disusun oleh otak, sumsum tulang belakang, serabut saraf, dan panca indera.

Gambar 5. Sistem Pencernaan Manusia

6. Organisme (Individu)
Individu diartikan sebagai makhluk hidup tunggal (sendiri).Misalnya : satu sel bakteri, satu tanaman mawar. Organisme gabungan dari sistem-sistem organ yang bekerja sama membentuk kehidupan. Satu organisme dapat disebut juga individu.Individu adalah satu makhluk hidup tunggal. Contoh: seorang manusia, seekor anjing, seekor kucing, sebuah pohon jambu, dll.

Gambar 6. Satu Sel Bakteri


7. Populasi
Populasi adalah sekumpulan individu sejenis yang menempati suatu daerah tertentu.Jumlah individu dalam suatu populasi dapat berubah dari waktu ke waktu.Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya perubahan tersebut, yaitu natalitas (kelahiran), mortalitas (kematian) dan migrasi (perpindahan).
Contoh: populasi rusa berjumlah 30 ekor, populasi badak berjumlah 100 ekor, populasi gajah berjumlah 23 ekor, dll.

Gambar 7. Populasi Rusa

8. Komunitas
Tingkatan di atas populasi yaitu komunitas.Komunitas adalah seluruh makhluk hidup yang hidup di suatu daerah tertentu.Di dalam komunitas selalu ada interaksi, baik antar anggota spesies yang sama maupun interaksi antarpopulasi yaang berbeda. Contoh: komunitas sawah, terdiri dari padi, tikus, ular, elang; komunitas kolam terdiri dari teratai, ikan, dan katak.
Gambar 8. Komunitas Sawah

9. Ekosistem
Ekosistem adalah sekumpulan makhluk hidup dengan benda mati dalam satu kesatuan tempat hidup yang mempunyai hubungan timbal balik.Atau Ekosistem merupakan interaksi dan hubungan saling mempengaruhi antara komponen biotik dengan komponen abiotik. Contoh: ekosistem hutan, benda mati terdiri dari tanah, bebatuan, hujan, angin, dll., makhluk hidup terdiri dari harimau, lintah, gajah, dll.; ekosistem laut, benda mati terdiri dari air laut, batu karang dan makhluk hidup terdiri dari ikan, udang, kepiting, plankton, dll.
Di dalam organisasi kehidupan tingkatan ekosistem kita juga dapat melihat adanya aliran energi dari produsen ke konsumen. Aliran energi terjadi pada proses rantai makanan dan jaring-jaring makanan.

Gambar 9. Rantai Makanan

10. Bioma
     Bioma adalah salah satu komunitas utama dunia yang diklasifikasikan berdasarkan vegetasi dominan dan ditandai oleh adaptasi organisme terhadap lingkungan suatu habitat tertentu. Oleh karena itu, penamaan bioma juga berdasarkan atas vegetasi dominan yang terdapat di sana. Terdapat 9 macam bioma yaitu bioma hutan hujan tropis, bioma hutan bakau, bioma hutan lumut, bioma savana, bioma padang rumput, bioma padang rumput, bioma hutan gugur, bioma taiga, dan bioma tundra.

Gambar 10. Macam – Macam Bioma

11. Biosfer merupakan bagian bumi yang meliputi kulit bumi, air dan atmosfer tempat adanya kehidupan, meliputi kehidupan secara global.
gambar11: Biosfer 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Materi Keanekaragaman Hayati kelas X

materi biologi kelas X pertemuan ke 3

evaluasi materi Ruang Lingkup Biologi kelas X